Tujuan Pembelajaran
- Melalui model pembelajaran berbasis penyingkapan (discovery learning), peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan qolqolah, mengartikan, dan menjelaskan makna Q.S. an-Nahl/16: 114 serta Hadis terkait dengan benar serta terbiasa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan mengonsumsi dan menghargai makanan dan minuman yang halal
- Melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) , peserta didik dapat memberikan contoh dan menilai perilaku sehari-hari tentang pola konsumsi sebagai penerapan Q.S. an-Nahl/16: 114 dengan benar serta terbiasa dan bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan diri dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal
- Melalui pendampingan tutor sebaya, peserta didik mampu membaca dan menunjukkan hafalan Q.S. an-Nahl/16: 114 terkait dengan tartil dan terbiasa menjalankan isi bacaan yang dibacanya
- Melalu model pembelajaran product based learning, peserta didik mampu menyusun bahan presentasi dan mempresentasikannya tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari dengan pesan Q.S. an-Nahl/16: 114 dengan kreatif
Perhatikan Infografis berikut
A. Pengertian Qalqalah
Menurut bahasa qalqalah artinya gerak, sedangkan menurut istilah qalqalah adalah bunyi huruf yang memantul bila ia mati atau dimatikan, atau suara membalik dengan bunyi rangkap. Adapun huruf qalqalah terdiri atas lima huruf, yaitu : ق , ط , ب , ج , د agar mudah dihafal dirangkai menjadi قُطْبُ جَدٍ
B. Macam-macam Qalqalah
a. Qalqalah kubra (besar) yaitu Huruf Qalqalah yang berbaris hidup, dimatikan karena waqaf. inilah Qalqalah yang paling utama, cara membacanya dikeraskan qalqalahnya.
Contoh :
مَا خَلَقَ . أُوْلُوا اْلأَلْبَابِ . زَوْجٍ بَهِيْجٍ .
b. Qalqalah Sugra (kecil) yaitu Huruf Qalqalah yang berbaris mati, tetapi tidak waqaf padanya,caranya membacanya kurang dikeraskan Qalqalahnya.
Contoh :
يَقْطَعُوْنَ إِلاَّ إِبْلِيْسَ وَمَا أَدْرَاكَ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar